November 5, 2011

KEUNIKAN KAPAL-KAPAL YANG BEROPERASI DI PENGAMBENGAN

Keunikan kapal yang berada di pengambengan ada dua yaitu keunikan model dan keunikan nama. Kapal yang berada di pengambengan merupakan kapal yang beroperasi di wilayah selat bali. Kapal di pengambengan dioperasikan dengan menggunakan alat tangkap purse seine atau oleh masyarakat biasa disebut dengan slerek. Jika dilihat dari bentuknya maka sekilas kapal-kapal pengambengan adalah kapal tradisional, detailnya kapal tidak memeliki rumah/bangunan rumah, mesin masih menggunakan mesin tempel (bukan mesin dalam). tetapi jika dilihat dari ukuranya yang besarnya mencapai 30 GT maka kapal di penambengan tidak bisa dikategorikan sebagai kapal tradisional lagi.

Gambar 1. Model kapal yang beroperasi di Pengambengan

Keunikan kapal-kapal yang berada di pengambengan lainya ada pada nama kapal. Kapal yang ada di pelabuhan pengambengan mayoritas adalah kapal purse seine yang di operasikan dengan dua kapal (berpasangan) sehingga hanya memiliki satu Surat Izin Usaha Perikanan. Nama-nama kapal tidak ditulis di lambung kanan atau kiri kapal, sehingga sulit membedakan antara satu kapal dengan kapal yang lainya karena bentuk dan warna hampir sama. Alasasan kapal tidak ditulis namanya di lambung kapal adalah nama kapal sering berubah-ubah tidak mengikuti apa yang tertera di SIPI. Masyarakat pengambengan mempunyai kepercayaan bahwa nama kapal mempengaruhi hasil tangkapan dilaut,oleh karena itu setiap beberapa kali melakukan operasi penangkapan tidak mendapat hasil tangkapan nelayan mengganti nama kapal mereka. Untuk mengatasi itu, disetiap kapal diperintahkan dipasang tanda selar sebagai pengganti nama, sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi kapal.
Gambar 2. Kapal-kapal di Pengambengan yang  di Operasikan Secara Berpasangan


Adalagi keunikan kapal-kapal yang beroperasi di Pengambengan adalah sistem bongkar kapal. Pembongkaran hasil tankapa tidak dilakukan langsung di dermaga (kapal merapat) melainkan di bongkar di tengah kolam tambat labuh dan menggunakan tenaga pengankut manusia (di pengambengan disebut panol). Sehingga ikan yang seharusnya bersih akan bercampur denan kotoran limbah di kolam labuh, mengingat semua usaha pengolahan ikan (UPI) langsung dibuang ke laut tanpa pengolahan terlebih dahulu. 


Gambar 3. Tukang Panggul Ikan yang Sedang Melakukan Aktifitas Bongkar Ikan di Pengambengan

atau

Keunikan kapal yang berada di pengambengan ada dua yaitu keunikan model dan keunikan nama. Kapal yang berada di pengambengan merupakan kapal yang beroperasi di wilayah selat bali. Kapal di pengambengan dioperasikan dengan menggunakan alat tangkap purse seine atau oleh masyarakat biasa disebut dengan slerek. Jika dilihat dari bentuknya maka sekilas kapal-kapal pengambengan adalah kapal tradisional, detailnya kapal tidak memeliki rumah/bangunan rumah, mesin masih menggunakan mesin tempel (bukan mesin dalam). tetapi jika dilihat dari ukuranya yang besarnya mencapai 30 GT maka kapal di penambengan tidak bisa dikategorikan sebagai kapal tradisional lagi.

Gambar 1. Model kapal yang beroperasi di Pengambengan

Keunikan kapal-kapal yang berada di pengambengan lainya ada pada nama kapal. Kapal yang ada di pelabuhan pengambengan mayoritas adalah kapal purse seine yang di operasikan dengan dua kapal (berpasangan) sehingga hanya memiliki satu Surat Izin Usaha Perikanan. Nama-nama kapal tidak ditulis di lambung kanan atau kiri kapal, sehingga sulit membedakan antara satu kapal dengan kapal yang lainya karena bentuk dan warna hampir sama. Alasasan kapal tidak ditulis namanya di lambung kapal adalah nama kapal sering berubah-ubah tidak mengikuti apa yang tertera di SIPI. Masyarakat pengambengan mempunyai kepercayaan bahwa nama kapal mempengaruhi hasil tangkapan dilaut,oleh karena itu setiap beberapa kali melakukan operasi penangkapan tidak mendapat hasil tangkapan nelayan mengganti nama kapal mereka. Untuk mengatasi itu, disetiap kapal diperintahkan dipasang tanda selar sebagai pengganti nama, sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi kapal.
Gambar 2. Kapal-kapal di Pengambengan yang  di Operasikan Secara Berpasangan


Adalagi keunikan kapal-kapal yang beroperasi di Pengambengan adalah sistem bongkar kapal. Pembongkaran hasil tankapa tidak dilakukan langsung di dermaga (kapal merapat) melainkan di bongkar di tengah kolam tambat labuh dan menggunakan tenaga pengankut manusia (di pengambengan disebut panol). Sehingga ikan yang seharusnya bersih akan bercampur denan kotoran limbah di kolam labuh, mengingat semua usaha pengolahan ikan (UPI) langsung dibuang ke laut tanpa pengolahan terlebih dahulu. 


Gambar 3. Tukang Panggul Ikan yang Sedang Melakukan Aktifitas Bongkar Ikan di Pengambengan

2 comments:

  1. mantab gan, saya sebagai orang yang mempunyai perahu merasa bangga kalau pengambengan dikenal dengan keunikannya

    ReplyDelete
  2. IMMUSICI TIN - TiTi Titanium Cartridges - TITanium Art
    TiTi Titanium Cartridges - TITanium Art - infiniti pro rainbow titanium flat iron TI-TiTi titanium 170 welder Titanium Cartridges TiTi titanium glasses frames Titanium Cartridges ford edge titanium for sale - TiTi Titanium Cartridges. $1.98. $16.99. Ti Titanium Cartridges babylisspro nano titanium spring curling iron

    ReplyDelete